Rabu, 07 Oktober 2009

Pagani Zonda F





Menyusul Pagani Zonda F, kurang dari sepekan lalu, sebuah foto dari Pagani Zonda R atau yang lebih populer dengan sebutan Cinque, bocor di kalangan media dan kali ini EuroCarBlog mempunyai beberapa gambar dari mobil itu meski dalam resolusi rendah.

Pagani Cinque mobil versi jalan raya ini didominasi warna hitam, silver, dan merah livery ini dibuat untuk menyaingi versi balap Zonda F. Meski Zonda F sampai saat ini masih diproduksi, Pagani Cinque sepertinya akan menjadi inkarnasi terakhir dari Zonda.

Rumor yang beredar mobil baru ini tidak akan menggunakan mesin AMG V12, tapi akan akan mengusung teknologi turbo. Sebuah sumber mengatakan bahwa mobil ini hanya akan diproduksi sebanyak lima unit saja. Namun sebelumnya ada juga yang menyebutkan Pagani Zonda Cinque akan menggunakan spesifikasi yang sama seperti yang terdapat pada Zonda R dengan mesin V12-nya berkapasitas 7.3L (7300cc) dan dapat mengeluarkan tenaga sebesar 750-hp.

Sejak memulai debutnya pada 1999, Pagani memang tak pernah mengejar produksi dalam jumlah besar, paling banyak hanya mencapai 25 unit per tahun. Jadi, betapa eksklusifnya kalau Anda memiliki salah satu dari koleksinya. Pabrik yang bermarkas di Italia ini selalu menempatkan mesin mobil hasil produksinya di tengah.

Produksi Pagani kemudian dilanjutkan pada Desember 2005, tak kurang dari 60 unit mobil Zonda dibangun. Zonda yang dibuat dengan dua varian, memiliki model coupe dan convertible 2-pintu. Hampir keseluruhan konstruksi dari Zonda dibuat memakai bahan serat karbon (carbon fiber) untuk mengurangi distribusi berat pada mobil sehingga dapat melenggang dengan mulus di lintasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar