Rabu, 07 Oktober 2009

Toyota Celica Generasi ke Enam dan ke Tujuh





Toyota Celica adalah mobil sport coupe yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation, Japan dari bulan October 1970 sampai bulan April 2006. Selama 36 tahun, ada 7 generasi Celica, dengan total kumulatif produksi lebih dari 4.1 juta unit.

Styling dan Handling merupakan point penting dari Celica, dimana mobil ini tampil dengan design exterior yang menarik serta menyenangkan untuk dikemudikan karena setir-nya yang responsif dan komunikatif, handling yang mantap, dan jarak rem untuk berhenti yang pendek.

Pasar yang besar untuk Celica adalah Amerika Serikat, Jepang, Eropa, dan Australia.

Celica adalah mobil resmi yang digunakan Toyota pada kejuaraan rally dunia / World Rally Championship (WRC) dari tahun 1972 sampai 1986 dengan model berpenggerak roda belakang, dan dari tahun 1988 sampai 1997 untuk model GT-Four berpenggerak 4WD. Celica untuk WRC dibuat oleh Toyota Team Europe di Koln, Jerman.

Setelah Celica dihentikan produksinya pada tahun 2006, posisinya sebgai mobil sport kompak buatan Toyota digantikan oleh Scion tC di Amerika Utara. Untuk region lain, Toyota belum mempersiapkan penggantinya.


Generasi Keenam (1994-1999)


Celica generasi keenam memiliki 4 buah lampu depan berbentuk bulat yang besar. Bodynya sedikit lebih besar tetapi lebih ringan dari pada generasi kelima. Model Coupe hanya untuk Amerika, Liftback dan Convertible dijual di pasar dunia. Ada 5 macam mesin untuk Celica, yaitu 7A-FE 1.8 liter, 3S-FE dan 3S-GE 2.0 liter, 5S-FE 2.2 liter, dan 3S-GTE 2.0 liter turbo.

Trim level untuk pasar Jepang adalah SS-I, SS-II, SS-III, Convertible, dan GT-Four. Model SS-I ada yang dilengkapi 4-wheel steering. Model SS-II diexport ke Eropa dan beberapa negara Asia sebagai GT. SS-III bermesin 3S-GE kemampuan tinggi dengan BEAMS, suspensi sport Super Strut, dan khusus untuk yang bertransmisi manual juga dilengkapi Helical Limited Slip Differential.

Di Amerika Celica generasi ke-6 hanya dijual dalam versi ST bermesin 1800 cc, dan GT 2200 cc yang berbeda dengan GT di negara lain. GT ditawarkan dalam bentuk Liftback dan Convertible. Optional Sport Package hanya untuk versi GT Liftback.

Seperti dua generasi sebelumnya, Celica terkencang adalah GT-Four yang pada generasi ini diberi kode ST205. Untuk versi Jepang mesin 3S-GTE pada ST205 betenaga 255 PS, sedangkan untuk export 242 PS. Untuk homologasi rally, dibuat 2500 unit GT-Four WRC yang memiliki water sprayer injector dan spoiler belakang tinggi.

Celica GT-Four ST205 versi Group A pertama kali ikut kompetisi di Rally of Australia tahun 1994, dan menjadi mobil resmi di kejuaraan rally dunia (WRC) tahun 1995. Mobil ini juga tampil dalam Rally of Indonesia tahun 1996 dan 1997.

Untuk Australia, Celica dipasarkan dalam bentuk Liftback saja dengan versi SX, ZR, and GT-Four. SX dan ZR bermesin 2200 cc yang sama dengan GT di Amerika. Meskipun SX dan ZR pada dasarnya sama, tetapi ZR memiliki perlengkapan yang lebih mewah seperti velg alloy, ABS, airbag, dan cruise control. GT-Four hanya dijual 77 unit yang semuanya model WRC atau Group A Rallye. Sunroof merupakan perlengkapan optional untuk semua model.

Di Jepang, Amerika, dan Australia, Celica tersedia dengan transmisi manual 5 speed atau automatic 4 speed, kecuali GT-Four yang hanya manual. Di Eropa semua Celica bertransmisi manual, model untuk Eropa adalah 1.8 ST, 2.0 GT Liftback dan Cabriolet, serta GT-Four.

Celica mendapat facelift untuk model tahun 1996. Untuk merayakan 25 tahun Celica pada tahun 1996, model 25th Anniversary Limited Edition diluncurkan berbasis SS-III, ST Liftback, dan GT Convertible.

Pada bulan Desember 1997, Celica untuk pasar Jepang mendapat facelift. Mesin 3S-GE pada model SS-II dan SS-III mendapat VVT-i BEAMS. Spoiler belakang tinggi hadir kembali pada model GT-Four, dan merupakan perlengkapan baru untuk SS-III. Lampu depan projector adalah optional.

Untuk meningkatkan penjualan, beberapa limited edition model diluncurkan pada tahun 1998 seperti Celica SR berbasis 1.8 ST untuk pasar Inggris, serta Celica SX-R berbasis SX di Australia.


Generasi Ketujuh (2000-2006)


Pada dasarnya hanya ada dua model Celica generasi terakhir yaitu ZZT230 bermesin 1ZZ-FE VVT-i, dan ZZT231 bermesin kemampuan tinggi 2ZZ-FE VVTL-i. Versi VVT-i disebut GT di Amerika, atau SS-I di Jepang, sedangkan yang bermesin VVTL-i adalah GT-S di Amerika, atau SS-II di Jepang. Di Australia semua model bermesin VVTL-i, baik untuk model SX dan ZR.

Transmisi untuk model yang bermesin 1ZZ-FE adalah 5 speed manual, 6 speed manual, atau 4 speed automatic. Sedangkan yang bermesin 2ZZ-GE menggunakan transmisi 6 speed manual atau 4 speed tiptronic automatic dengan shift button di kemudi.

Celica ini lebih kecil dan lebih ringan dari generasi sebelumnya, sehingga memberikan perbandingan tenaga dan beban yang baik dan lebih gesit. Jarak sumbu roda yang lebih panjang dan overhang depan yang lebih pendek juga membuatnya lebih stabil.

Dengan dibukanya kran import mobil di Indonesia pada akhir tahun 1999, Celica ini banyak masuk ke Indonesia. Model yang banyak beredar disini adalah SX dan SS-II. Celica dari Australia memiliki lampu sign di fender depan dan manual AC. Sedangkan Celica Jepang hadir dengan lampu indicator di bumper depan dan AC dengan digital climate control untuk model SS-II.

Optional untuk Celica adalah Elegant Sports Package dan Mechanical Sports Package. Elegant hanya diberi tambahan spoiler bawah, sedangkan Mechanical memiliki bumper depan yang berbeda dengan grille yang lebih besar, serta full body kit termasuk spoiler di bonnet dan bagasi yang lebih tinggi.

Di Eropa semua Celica menggunakan transmisi 6 speed manual. Model bermesin 1ZZ-FE dipasarkan dalam trim level 1.8 VVT-i Standard, Style, dan Premium. Sedangkan yang setara dengan GT-S atau SS-II bermesin 2ZZ-GE disebut 1.8 VVTL-i T-Sport. Pada tahun 2005, juga dipasarkan Celica GT versi Eropa. Ini adalah T-Sport yang diberi body kit dan velg alloy lebih besar, dan tidak sama dengan GT di Amerika.

2005 adalah tahun terakhir Celica di Amerika. Produksi Celica di Jepang berakhir pada bulan April 2006. Pada tahun terakhir ini, Celica hanya dijual di Jepang, dan beberapa negara Eropa saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar